Pengertian Wireless dan Fungsi Acces Point, Repeater, Hub, Komputer Server, Gateway, Bridge, Subnet Mask

Pengertian wireless

Jaringan wireless/nirkabel adalah teknologi jaringan yang memanfaatkan gelombang elektromagnetik melalui udara sebagai media untuk mengirimkan informasi dari pengirim ke penerima.

Teknologi ini muncul sebagai jawaban atas keterbatasan jaringan wireline.

Mobilitas manusia yang tinggi dan informasi yang selalu dekat menjadi faktor pendorong utama berkembangnya teknogi ini.

Beberapa teknologi wireless yang telah dikembangkan antara lain : WiFi, Bluetooth, WiMAX, VSAT, Infrared.

Seluk-Beluk Wireless LAN

Pertumbuhan sangat pesat dan terlihat seperti fashion dalam industri network.

Wireless LAN sangat fleksibel dalam implementasi, mampu menghemat waktu dan uang perusahaan ketika memerlukan fleksibilitas perpindahan.

Harga teknologi wireless semakin turun dan kualitas semakin bagus, menawarkan koneksi yang tidak mahal bagi perusahaan/kampus untuk menghubungkan antar gedung.

Sekarang, banyak bisnis yang mengimplementasikan wireless dalam networknya.

Keterangan

Access Point berfungsi mengkonversikan sinyal frekuensi radio (RF) menjadi sinyal digital yang akan di salurkan melalui kabel atau di salurkan ke perangkat WLAN yang lain dengan di konversikan ulang manjadi sinyal frekuensi.

IP Address Menentukan alamat host, lokasi host dalam jaringan, routing untuk mencapainya. 

Repeater adalah Suatu perangkat yang dipasang di titik-titik tertentu dalam jaringan untuk memperbarui sinyal-sinyal yang di transmisikan agar mencapai kembali kekuatan dan bentuknya yang semula, guna memperpanjang jarak yang dapat di tempuh.

Repeater merupakan alat yang dapat menerima sinyal digital dan memperkuatnya untuk diteruskan kembali. Repeater juga dapat memperjauh jarak transmisi data. disamping itu, repeater dapat memperkecil noice pada sinyal transmisi yang datang.

Hub berfungsi sebagai peragkat keras penerima sinyal dari sebuah komputer dan merupakan titik pusat yang menghubungkan ke seluruh komputer dalam jaringan tersebut. Hub juga berperan sebagai penguat sinyal kabel UTP, konsentrator dan penyambung.

Komputer Server adalah sebuah komputer yang menyediakan pelayanan atau service tertentu yang berjalan di jaringan, baik jaringan internet ataupun intranet.

Gateway adalah komputer yang memiliki minimal 2 buah network interface untuk menghubungkan 2 buah jaringan atau lebih.

Subnet mask adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada angka biner 32 bit yang digunakan untuk membedakan network ID dengan host ID, menunjukkan letak suatu host, apakah berada di jaringan lokal atau jaringan luar.

Bridge bertugas memeriksa setiap frame yagn masuk yang didalamnya terdapat MAC pengirim dan tujuan, dan meneruskannya atau tidak ke penerima pada segmen tersebut.

Fungsi Bridge yang paling utama dalam jaringan adalah meneruskan data berdasarkan alamat MAC dari perangkat pengirim kepada perangkat penerima.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH

(Kelompok 4 : Abu Mansyur Madtridi, Ahmad Julasman, Ariev Van Reza, Erwin Syahputra, Jefri - Semester IV A Siang - STMIK Amik Riau)
Previous
Next Post »