Pengertian dan Jenis Integritas Data

Integritas Data

Integritas data adalah jaminan konsistensi data terhadap semua status konstrain yang diberlakukan terhadap data tersebut, sehingga memberikan jaminan keabsahan data itu sendiri.

Integritas data sangat erat kaitannya dengan keamanan keberadaan data, dimana dapat terjadi secara institusional atau asidental.

Jenis-Jenis Integritas Data Dapat Dikelompokkan Sebagai Berikut :
  • Entity Integritas
  • Domain Integritas
  • Refrential Integritas
  • User Defined Integritas
1. Entity Integritas

Entity Integritas mendefinisikan sebuah baris sebagai sebuah entitas yang unik untuk suatu tabel. Entity integritas memaksa integritas dari column atau primary key dari suatu tabel (melalui index, unique, constraints, primary key). Primary key tidak boleh null.

2. Domain Integritas

Domain Integritas merupakan validasi dari masukan untuk sebuah kolom. Anda dapat memaksa domain integritas dengan membatasi tipe (melalui data types), format (melalui check constraints dan rules), atau range nilai-nilai yang mungkin (melalui Foreign Key Constraints, Check Constraints, Default Definitions dan rules).

3. Refrential Integritas

Refrential Integritas memastikan bahwa seluruh nilai dari foreign key cocok dengan nilai primary key yang dihubungkan.

4. User Defined Integritas

User defined integritas mengizinkan anda untuk menentukan spesific business rules sendiri yang tidak sama pada kategori integrity yang lain.

Integritas Domain Data

Domain adalah nilai-nilai yang dimungkinkan diasosiasikan dengan setiap atribut, Integritas domain merupakan validasi masukan dari sebuah kolom.

Dengan integritas domain, tidak ada data yang melanggar jangkauan nilai di tiap kolom data. Integritas domain merupakan validasi dari masukkan sebuah kolom.

Integritas Reverensial

Integritas referensial adalah aturan aturan yang mengatur hubungan antara kunci primer dengan kunci tamu milik tabel tabel yang berada dalam suatu basis data relasional untuk menjaga konsistensi data.

Integritas Keunikan Data

Pendefenisian struktur tabel dengan membuat indeks primer yang bersifat unik pengkodean di dalam aplikasi pada saat pemasukan/penambahan data atau lebih user-friendly kedua cara dan diterapkan bersama-sama.
Previous
Next Post »