Senin, 30 Januari 2017

Pengertian Media Transmisi

Media Transmisi adalah jalur fisik yang menghubungkan antara sisi pengirim dan sisi penerima.

Terdapat beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk menentukan jenis media transmisi dalam komunikasi data yaitu : Kecepatan pengirim data, bandwidth dan jarak transmisi.

Media Kabel Twisted-Pair

Kabel twisted-pair sesuai dengan namanya terdiri atas dua buah kabel tembaga yang saling dipilin.

Kabel pertama digunakan untuk mengirimkan sinyal dari sumber kepada tujuan, sedangkan kabel kedua digunakan sebagai tegangan referensi (ground).

Namun, dalam aplikasi nyata tidak pernah digunakan hanya satu pasang kabel saja.
Berdasarkan pembungkusnya, kabel twisted-pair terdiri atas dua macam, yaitu : Unshielded twisted-pair (UTP) dan Shielded twisted-pair (STP).

Selain jenis kabel dan konektor, badan standar EIA juga menentukan standar tentang urutan susunannya kabel UTP didalam dalam konektor.

Kabel Koaksial

Kabel koaksial sesuai dengan strukturnya didesai untuk mengirimkna sinyal dengan frekuensi tinggi.

Kabel koaksial menggunakan beberapa macam konektor anatara lain : Konektor Bayone-Neill=Concelman (BNC), Konektor T dan terminator.

Serat Optik

Kabel serta optik terbuat dari gelas atau plastik yang didesain untuk mengarahkan cahaya yang melewatinya.

Struktur kabel serat optik

Berdasarkan mode propagasi pulsa-pulsa cahaya yang melewati core, serat optik dapat dibedakan ke dalam tiga macam : Multimode step-index, Multimode graded index dan single mode.

Nirkabel

Media komunikasi nirkabel dikenal dengan Unguided media karena sinyal yang berupa gelombang elektromagnetik melintas tanpa menggunakan kabel.

Pengaruh dari Multipath Propagation Pada Sinyal

Gelombang elektromagnetik memiliki jangkauan frekuensi sangat lebar, mulai dari frekuensi gelombang suara sampai frekuensi gelombang gamma.

Pembagian tipe gelombang elektromagnetik berdasarkan frekuensi.

Komunikasi Satelit

Satelit pertama adalah satelit geostasioner palapa A yang diluncurkan pada 17 Agustus 1976 dan dinobatkan sebagai satelit domestik ketiga di Amerika Serikat dan Canada.
Baca Juga
Previous Post
Next Post