Senin, 30 Januari 2017

Semua Tentang Sistem Operasi

Layanan Sistem Operasi

Eksekusi program adalah kemampuan sistem untuk "load" program ke memori dan menjalankan program.

Operasi I/O : Pengguna tidak dapat secara langsung mengakses sumber daya perangkat keras, sistem operasi harus menyediakan mekanisme untuk melakukan operasi I/O atas nama pengguna.

1. Pembuatan program

Dalam pembuatan program, programmer pasti membutuhkan yang namanya debugger ketika program itu terjadi bug.

Sistem operasi mempermudah dan membantu dalam mengakses proses debugger dan editor tersebut yang sudah berada di dalam program yang berbentuk utilitas.

2. Eksekusi program

Sistem operasi menangai semua task untuk kepentingan pengguna. Task diantaranya berupa instruksi data harus dimuatkan ke dalam memori, perangkat I/O harus di inisialisasi termasuk juga file harus diinisialisasi, dan sumber daya lain harus di sipakan.

3. Pengaksesan perangkat I/O

Perangkat di dalam I/O terdapat instruksinya sendiri atau signal control untuk operasi. Layanan yang diberikan oleh sistem operasi yaitu menjaga detailnya.

4. Pengaksesan Terkendali Terhadap Berkas

Pengakasesan terkendali di sini maksudnya adalah format file yang terdapat di dalam media penyimpanan.

5. Deteksi dan memberi tanggapan terhadap kesalahan

Terjadi error atau pun kesalahan dalam komputer bekerja merupakan hal yang sering terjadi. Misalnya memori error, overflow aritmetik, kesalahan perangkat.

6. Akunting (Pencatatan)

Dari layanan yang diberikan sudah terlihat bahwa akunting yang berarti mencatat. Sistem operasi mencatat semua statistik pemakain bermacam-macam sumber daya dan memonitor parameter kinerja seperti waktu respons.

Komponen Sistem Operasi

Pada kenyataannya tidak semua sistem operasi mempunyai struktur yang sama. Namun menurut Avi Silberschatz, Peter Galvin, dan Greg Gagne, umumnya sebuah sistem operasi modern mempunyai komponen sebagai berikut :

1. Managemen Proses

Proses adalah keadaan ketika sebuah program sedang dieksekusi. Sebuah proses membutuhkan beberapa sumber daya untuk menyelesaikan tugasnya.

2. Managemen Memori Utama

Memori utama atau lebih dikenal sebagai memori adalah sebuah array yang besar dari word atau byte, yang ukurannya mencapai ratusan, ribuan, atau bahkan jutaan.

3. Managemen Secondary-Storage

Data yang disimpan dalam memori utama bersifat sementara dan jumlahnya sangat kecil. Oleh karena itu, untuk menyimpan keseluruhan data dan program komputer dibutuhkan secondary-storage yang bersifat permanen dan mampu menampung banyak data.

4. Managemen Sistem I/O

Sering disebut device manager. Menyediakan "device driver" yang umum sehingga operasi I/O dapat seragam (membuka, membaca, menulis, dan menutup).

5. Managemen Berkas

Berkas adalah kumpulan informasi yang berhubungan sesuai dengan tujuan pembuat berkas tersebut. Berkas dapat mempunyai struktur yang bersifat hirarkis (direktori, volume, dll).

6. Sistem Proteksi

Proteksi mengacu pada mekanisme untuk mengontrol akses yang dilakukan oleh program, prosesor, atau pengguna ke sistem sumber daya.

7. Jaringan

Sistem terdistribusi adalah sekumpulan prosesor yang tidak berbagi memori atau clock. Tiap prosesor mempunyai memori sendiri.

8. Command-Interpreter System

Sistem Operasi menunggu instruksi dari pengguna (command driven). Program yang membaca instruksi dan mengartikan control statements umumnya disebut: Control-card interpreter, command-line interpreter, dan UNIX shell.

Struktur Sistem Operasi

Sebuah sistem yang besar dan kompleks seperti sistem operasi modern harus diatur dengan cara membagi task kedalam komponen-komponen kecil agar dapat berfungsi dengan baik dan mudah.

1. Struktur Sederhana

Sistem operasi sebagai kumpulan prosedur dimana prosedur dapat saling dipanggil oleh prosedur lain di sistem bila diperlukan.

2. Sistem Berlapis (layered system)

Sistem operasi dibentuk secara hirarki berdasar lapisan-lapisan, dimana lapisan-lapisan bawa memberi layanan lapisan lebih atas.

3. Kernel Mikro

Metode struktur ini adalah menghilangkan komponen-komponen yang tidak diperlukan dari kernel dan mengimplementasikannya sebagai sistem dan program-program level user.

4. Modular (Modules)

Kernel mempunyai kumpulan komponen-komponen inti dan secara dinamis terhubung pada penambahan layanan selama waktu boot atau waktu berjalan.

5. Mesin Maya (Virtual Machine)

Mesin maya mempunyai sistem timesharing yang berfungsi untuk ,menyediakan kemampuan untuk multiprogramming dan perluasan mesin dengan antarmuka yang lebih mudah.

6. Sistem Berorientasi Objek

Sisten operasi merealisasikan layanan sebagai kumpulan proses disebut sistem operasi bermodel proses.
Baca Juga
Previous Post
Next Post