Analisa dan Perancangan Sistem Dalam Informatika

Analisa sistem dibutuhkan agar programer dapat menemukan masalah yang terdapat di suatu sistem dan memperbaikinya dengan merancang sistem yang baru.

Gunanya agar user lebih mudah dalam menjalankan sistem itu.

1. Identifikasi Masalah
  • Data-data yang disimpan diperusahaan masih berjalan manual, padahal kebutuhan akan data-data konsumen dan data unit meningkat.
  • Sistem yang dijalankan belum sepenuhnya membantu pekerjaan, karena kebutuhan akan data yang efektif dan efisien serta ada saat dibutuhkan (availability) belum bisa terpenuhi.
  • Penyediaan data yang banyak menyebabkan overload data dan informasi kurang.
2. Analisa Sistem

2.1 Penyebab
  • Belum ada sistem informasi
  • Karena diperusahaan tersebut masih manual dalam penyimpanan datanya.
  • Karna masih memakai sistem manual dan penyebaran informasi yang ruang lingkupnya masih kecil.
2.2 Solusi
  • Buat database untuk penyimpanan data-data perusahaan.
  • Buat website dan server yang bisa diakses untuk mendapatkan informasi secara cepat.
  • Peningkatan kapasitas penyimpanan database serta penambahan informasi yang masih kurang.
3.Analisa Kebutuhan

3.1 Fungsional
  • Proses login : Diberikan untuk user, admin dan dessesion maker.
  • Input : Data pengunjung/penyewa, data apatermen yang tersedia, data jenis-jenis apatermen, data apatermen yang sedang dan sudah dipakai serta pengumuman baru (Diskon, harga dan lainnya).
  • Proses : Penyimpanan data dan pemberitahuan data sudah berhasil tersimpan, pemberitahuan informasi sudah dipublishkan.
  • Proses Output : Laporan penyewa/pelanggan, laporan apartmen yang sudah dipakai, laporan apartmen yang masih tersedia, laporan transaksi, bukti penyewaan dan bukti pembayaran.
3.2 Non – Fungsional

1. Hardware
  • Teknisi : Komputer server, komputer database, komputer webserver, billing, dan ISP.
  • Manager : Komputer yang terhubung dengan server.
  • Pelayanan : Komputer yang terhubung dengan server.
  • Apartemen : Komputer yang telah terhubung dengan server dan browser telah disetting
b. Software
  • Teknisi : OS server, billing, website builder, DHCP server, browser.
  • Manager : Aplikasi SI (penerima laporan dari bidang pelayanan), browser.
  • Pelayanan : Aplikasi SI (pengimputan data, transaksi, laporan,informasi).
  • Apartemen : Browser yang telah disetting agar terhubung dengan webserver.
c. Prosedur : Disini prosedur untuk reservasi atau pemesanan.

Langkah-langkah pemesanan sebagai berikut :
  • Langkah 1 : Silahkan mengisi Formulir Pemesanan dengan memilih satu atau kedua apartmen Parisia di Paris.
  • Langkah 2 : Silahkan tunggu jawaban kami tentang tersediannya apartmen yang dipilih serta sistem pembayarannya.
  • Langkah 3 : Anda akan menerima jawaban kami untuk konfirmasi tentang tersedianya apartmen disertai dengan sistem pembayaran yang berlaku selama dua hari kerja. Bilamana apartmen yang dipilih tak tersedia pada masa yang dikehendaki, anda akan menerima saran untuk tetap melaksanakan reservasi anda dengan website yang lain yang paling dapat dipercaya di Paris.
  • Langkah 4 : Bilamana apartmen yang dipilih tersedia, mohon membayar uang panjar sebesar 25% dari seluruh ongkos sewa dari apartmen yang dipilih tersebut.
  • Langkah 5 : Tolong informasikan pada kami bahwa Anda sudah mengirim uang panjar sehingga kami dapat menahan apartemen tersebut untuk Anda.
  • Langkah 6 : Anda akan menerima berita dari kami bahwa kami langsung menahan apartmen tersebut untuk Anda.
  • Langkah 7 : Segera setelah kami menerima uang panjar dari anda, anda segera mendapatkan informasi mendetail mengenai apartmen yang anda pilih, nomor-nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat apartmen, sisa pembayaran serta jumlah uang panjar yang sudah kami terima.
  • Langkah 8 : Tolong beritahu kami kapan anda sampai di Paris atau perkiraan waktu anda datang di apartmen.
  • Langkah 9 : Saat anda tiba di Paris, tolong telepon kami agar kami dapat menyambut anda di apartmen yang anda pilih.
  • Langkah 10 : Saat anda tiba di apartemen yang anda pilih, anda akan diminta menandatangani kontrak sewa, membayar sisa uang sewa, serta membayar deposit keamanan sebesar 300 Euro dan anda akan menerima kunci apartmen anda.
  • Langkah 11 : Semoga anda senang tinggal di Paris.
  • Langkah 12 : Pada saat anda meninggalkan apartemen, anda diminta meninggalkan apartemen dalam kondisi seperti saat anda datang serta dalam keadaan bersih. Kami akan mengembalikan deposit anda dan anda harus mengembalikan semua kunci apartemen yang anda terima.
d. Website

Untuk website akan dibuat dengan fasilitas :

1. Akun : Manager, teknisi, dan pelayanan.

2. Isi website :
  • Menu Utama : Tentang perusahaan, kebijakan privasi, kontak kami, pertanyaan pengunjung.
  • Menu Apartmen : Jenis, persedian, lokasi, reservasi, prosedur pemesanan.
  • Menu informasi : Info apartmen, tempat wisata, rumah sakit, pasar, promo.
  • Login akun.
*Kelompok 6 : Ramanda Ryan Saputra, Yessi Nofriyanti, dan Khairul Fikri
Previous
Next Post »