Analisis Perancangan Sistem dari Mahasiswa

KEBIJAKAN DAN PERANCANGAN SISTEM

1.1. ALASAN

Adanya beberapa masalah yang terdapat pada perusahaan properti yang bergerak pada penjualan apartemen.

Permasalahan ini berpengaruh terhadap perkembangan dan kemajuan perusahaan dalam memperoleh laba.

1.2. TUJUAN

Merancang sistem informasi baru yang lebih efisien dan efektif pada suatu perusahaan. Membangun sistem pengelolaan administrasi, pemasaran dan penjualan perusahaan properti.

1.3. MANFAAT

Memberi kemudahan untuk pelanggan dalam mencari informasi pemesanan apartemen, admin dalam menyimpan data, dan kemudahan untuk manager.

1.4. METODA YANG DIGUNAKAN

1. Pengumpulan data observasi lapangan.
  • Pengamatan/observasi
  • Wawancara
2. Pengembangan sistem SDLC

ANALISA SISTEM

2.1 IDENTIFIKASI MASALAH 
  • Data-data yang disimpan di perusahaan masih berjalan manual, padahal kebutuhan akan data-data konsumen, data unit meningkat.
  • Sistem yang dijalankan belum sepenuhnya membantu  pekerjaan, karena kebutuhan akan data yang efektif dan efisien serta ada saat dibutuhkan (availability)  belum bisa terpenuhi.
  • Penyediaan data yang banyak menyebabkan overload data dan informasi kurang.
2.2 PENYEBAB MASALAH
  • Penyimpanan data masih manual, atau berbasis kertas (paper-based).
  • Pengelolaan data tidak efisien dan efektif, hal ini menyebabkan data tidak tepat, cepat dan akurat saat dibutuhkan.
  • Data yang overload, tanpa diupdate menyebabkan kurangnya informasi yang sampai kepada konsumen.
  • Pemasaran apartemen terbatas di ruang lingkup yang tidak berkembang.
SOLUSI
  • Merancang sistem informasi yang baru.
  • Mengganti sistem penyimpanan data paper base dengan sistem penyimpanan data berbasis database
  • Data yang disimpan harus di update secara berkala.
  • Pemasaran tak hanya dilakukan secara langsung terjun ke masyarakat, namun juga dengan membuat website yang bisa diakses konsumen dimana pun berada secara online.
ANALISA KEBUTUHAN

2.3. DATA YANG DIBUTUHKAN

Data yang dibutuhkan dalam pengembangan Sistem Informasi ini adalah :
  • Data Pelanggan Member : Id pelanggan, nama pelanggan, alamat, jenis kelamin, nomor handphone/telepon,
  • Data Pelanggan Non-Member : Nama pelanggan, alamat, jenis kelamin, nomor handphone/telepon.
  • Data Admin/Petugas Kasir : Id petugas kasir, nama, alamat, jenis kelamin.
  • Data Marketing : Id petugas, nama petugas marketing, alamat, jenis kelamin.
  • Data Apartemen : Kode apartemen, tipe apartemen, harga.
  • Data Harga : Kode apartemen, tipe apartemen, kode member, nama member.
2.3.1 KEBUTUHAN FUNGSIONAL
  • Proses Login untuk admin, manager perusahaan.
  • Proses pengelolaan data pelanggan member dan non-member meliputi input, update dan delete.
  • Proses pengelolaan informasi apartemen meliputi input,update dan delete.
  • Proses pengelolaan data harga apartemen berdasarkan tipe apartmen dan data pelanggan.
  • Proses searching/pencarian data
  • Proses pemasaran apartemen dilakukan oleh bagian marketing.
  • Proses daftar baru untuk menjadi member oleh user petugas
  • Laporan penjualan yang telah tersimpan di database.
  • Pelanggan mendapatkan informasi apartmen secara mudah melalui website yang telah disediakan perusahaan secara online.
2.3.2 KEBUTUHAN NON-FUNGSIONAL

1. HARDWARE
  • Komputer perusahaan yang saling terintegrasi satu sama lainnya.
  • Printer
  • Webserver, hub/switch, accesspoint
2. SOFTWARE
  • Menggunakan sistem operasi WINDOWS
  • Database (Delphi/Visual Basic/PHP/MySQL)
  • Aplikasi Corel Draw/Adobe Photoshop
  • Jaringan sebagai penghubung
3. BRAINWARE
  • Admin
  • Manager perusahaan
  • Petugas kasir
PIECES
  • Performance : Kerja sama antara karyawan, manager, dan pihak lain yang terlibat di dalam perusahaan.
  • Information : Menyediakan informasi yang akurat untuk konsumen
  • Economy : Menghapuskan sistem paper base dan menggantikannya dengan database
  • Control :  Sistem aplikasi dan database dilengkapi dengan username dan password.
  • Efisiensi : Perancangan sistem baru untuk meningkatkan sfisiensi data perusahaan, sehingga mempermudah pekerjaan.
  • Service :  Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan guna memajukan penjualan apartemen, sehingga apartemen terjual dalam jangka waktu yang telah ditargetkan.
*Kelompok 4 Kelas A 2012 : Aulia Sukma, Febby Azlin, Mardhatillah Minur, dan Sefnyatul Fitria
Previous
Next Post »