Senin, 06 Februari 2017

Gejala dan Respon Pasien

The Meaning of Signs and Symptoms

1. Luas rentang penelitian yang berhubungan dengan diseases dari investigasi secara epidemiologi yang menyebabkan penyakit, hingga uji klinik terapi penyakit.

Telah dikumpulkan untuk menjawab satu dari dua pertanyaan berikut:
  • Berapa banyak orang yang menjadi sakit ?
  • Berapa banyak orang yang menjadi sehat ?
2. Pada bab ini kita tidak fokus pada pertanyaan pertama dan kita mengembangkan secara etiologi model-model yang menyebabkan penyakit (contoh infeksius, non infeksius kronik, kongenital/bawaan, environmental/lingkungan, nutritional atau eksternal). Malahan kita fokus pada pertanyaan berapa banyak orang yang menjadi sehat.

3. Diskusi pada pertanyaan khusus ini selanjutnya mencakup pengembangan obat, uji klinik, kualitas pelayanan medis dan hubungan antara dokter dan pasien, beberapa lainnya.

Seperti luas/banyak perlakuan dengan outcomes/luaran terapi klinik. Pengujian outcomes terapi tak pelak lagi sangat relevan pada beberapa pembahasan penyakit.

Pada bab ini, bilamana, fokus tidak pada outcomes pengobatan medis tetapi cukup pada proses menuju pasien untuk menerima pengobatan.

Sejumlah pertanyaan dapat diajukan bilamana pengujian dilakukan. Siapa yang melihat/memantau pelayanan medis.

Kapan seseorang melihat pelayanan medis dan dimana seseorang melihat pelayanan medis.

4. Untuk menguji pertanyaan ini kita harus memulai dengan dua alasan mendasar. 
  • Pertama, tidak seorang pun dengan signs dan simptom yang sama/mirip bila sedang/mendapat sakit.
  • Kedua, setelah sign atau simptom dikenali, tidak seorangpun merasa dan menggunakan sistem pelayanan medis pada cara yang sama
*Sumber : Nitya Wita Utama
Baca Juga
Previous Post
Next Post