Inilah 9 Prinsip Hidup yang Harus di Pahami Oleh Tiap Pribadi Muslim

Inilah 9 Prinsip Hidup yang Harus di Pahami Oleh Tiap Pribadi Muslim
Assalamualaikum Wr Wb

Adapun 9 prinsip hidup itu antara lain :

1. Syarat mutlak yang utama yang harus dipenuhi oleh tiap pribadi muslim adalah mengikrarkan dua kalimat syahadat dengan segala konsekuensinya.


Ikrar ini tidak sekedar diucapkan, tetapi lebih dari itu harus dipahami untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai landasan untuk segala aktivitas hidupnya.

Pemahaman terhadap ikrar dua kalimat syahadat ini penting bagi tiap pribadi muslim agar ia tetap dalam posisi fitrahnya, memeluk Din al-Islam.

2. Mempunyai keyakinan yang mantap dan senantiasa berpedoman hidup pada Al-Qur'an dan As Sunah dalam menjalani kehidupan didunia ini.
Tiap pribadi muslim tidak mempunyai keraguan untuk berpedoman pada keduanya.

Al-Qur'an konsepsi normatif yang paling unggul diantara konsep-konsep lainnya, sedangkan As Sunah sebagai penjelasan praktis tentang pelaksanaan Al-Qur'an yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. beserta para sahabatnya.

3. Mempunyai tujuan hidup yang jelas dan tegas yang berasal dari Sang Maha Hidup Allah SWT.
yang dapat direalisasikan dalam kehidupannya.

Tujuan hidup dari tiap pribadi muslim tidak mungkin dirumuskan sendiri maka yang didapat adalah tujuan hidup semu bukan tujuan hidup hakiki.

Tujuan hidup tiap-tiap pribadi muslim harus bersumber dari Yang Maha Tahu tentang kelebihan dan kelemahan serta kemampuan dari makhluk yang diciptakan-Nya.

Tujuan hidup yang jelas dan tegas hanya dirujuk dari Al-Qur'an dan dijelaskan oleh As Sunah Rasulullah SAW.

4. Mempunyai tugas hidup untuk mengabdikan dan meperhambakan diri pada Sang Khalik Yang Maha Kuasa, yakni Allah SWT.

Segala aktivitas kehidupan dan penghidupan tiap pribadi muslim harus diorientasikan agar senantiasa dilandasi dan bernilai ibadah.

5. Mempunyai fungsi hidup sebagai Khalifah diatas bumi dan pengemban risalah dakwah untuk kemaslahatan umat manusia.

Tiap pribadi muslim mempunyai kesadaran yang tinggi untuk senantiasa menegakkan fungsi hidupnya menurut ketentuan-ketentuan yang dikehendaki Allah dan Rasul-Nya.

6. Mempunyai suri teladan hidup yang senantiasa dipanuti dan diikuti dalam segala aspek kehidupan yakni Rasulullah SAW.

Tiap-tiap pribadi muslim harus mempunyai kesadaran yang tinggi bahwa Rasulullah SAW. sebagai suri tauladan hidup.

Ia akan mengikuti jejak kehidupan yang dicontohkan oleh Rasululullah SAW. apabila ia mau secara optimal mengkaji sirah nabawiyyah melalui ahlinya untuk diterapkan dalam kehidupannya.

7. Senantiasa mengambil teman hidup dari orang yang beriman dan beramal saleh.
Teman hidup dalam pengertian sempit (perjodohan) maupun teman hidup dalam arti luas (hidup bermasyarakat).

Tiap-tiap pribadi muslim hendaknya memiliki kriteria yang telah digariskan oleh Allah SWT. dan Rasul-Nya.

Tiap pribadi muslim akan senantiasa membentuk ukhuwah imaniyah, ukhuwah islamiyah, dan ukhuwah insaniah dalam hidup berkeluarga, bermasyarakat, maupun hidup berbangsa dan bernegara.

8. Senantiasa waspada terhadap lawan hidupnya yang senantiasa berusaha untuk menggelincirkan manusia ke jalan bathil.

Lawan hidup tiap pribadi muslim adalah setan, iblis, dan segenap pengikut-pengikutnya yang terdiri dari orang kafir, munafik, musyrik, fasik, zalim, mutrafin, dan pengikut syaiton lainnya.

baik dalam wujud benda, pola pikir, ideologi, barang maupun dalam wujud tingkah laku dalam kehidupan. Tiap pribadi muslim harus memahami karakter lawan hidup yang harus dihadapi dan dihindari.

9. Senantiasa mengoptimalkan berpola pikir dan berpola laku islami sesuai dengan tuntunan yang telah digariskan dalam Al-Qur'an dan As Sunah.

Tiap pribadi muslim akan memecahkan persoalan hidup yang dihadapinya dengan berpedoman kepada Al-Qur'an dan As Sunah.

Pola pikir dan pola lakunya merupakan satu kesatuan yang terintegrasi dalam kepribadian tiap-tiap pribadi muslim yang mencerminkan akhlakul karimah.

Dari uraian diatas jelaslah bahwa tiap pribadi muslim sudah seharusnya memahami prinsip hidup yang harus dioperasionalisasikan dalam kehidupannya.

Prinsip hidup tersebut secara garis besar terdiri dari syarat utama hidup sebagai muslim, pedoman hidup, suri teladan hidup, teman hidup, lawan hidup, dan pola pikir serta pola laku yang harus ditampilkan dalam hidup.

Wassalamualaikum Wr Wb

*Sumber : Buku Benarkah Saya Muslim ? "Percik-Percik Renungan Bagi Pribadi Muslim" | Penulis : Drs. M. Saefudin
Previous
Next Post »