Penjelasan Mengenai Karakter Nabi Muhammad SAW

Penjelasan Mengenai Karakter Nabi Muhammad SAW
Assalamualaikum

Nabi Muhammad SAW seorang yang dijadikan utusan (Rasul) oleh Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa sangatlah dapat dijadikan suri tauladan seluruh umat manusia baik sebagai pengikutnya maupun kaum yang memusuhinya.

Mempunyai karakter atau sifat dan sikap :

1. Siddiq (Integritas) artinya benar atau jujur dalam semua aspek kehidupannya. Baik tutur katanya maupun tingkah lakunya.

Dalam perkataannya ia jujur karena mengemban misi untuk menyampaikan firman-firman Allah SWT.

Orang yang siddiq adalah orang yang berintegritas makanya bisa dipahami bahwa orang yang berintegritas adalah pelopor dalam kebenaran.

2. Amanah (Akuntabilitas) artinya orang yang dapat dipercaya atau bertanggung jawab yang merupakan lawan dari sifat khianat.

Bagi orang-orang yang amanah fungsi pengawasan berada dalam hatinya, bukan pada guru, atasan atau apa saja yang berperan sebagai pengawas.

Orang yang amanah merasa hidupnya berada dalam pengawasan langsung dari Allah Tuhan Semesta Alam sehingga mereka dapat bekerja lebih optimal dan berkarya maksimal

3. Tabligh (Transparansi) artinya menyampaikan apapun yang telah Allah wahyukan untuk umat manusia secara transparan.

Bahkan ketika Nabi ditegur oleh Allah SWT disampaikan secara transparan kepada umat manusia. Di era globalisasi ini keterbukaan menjadi suatu kelaziman dalam sebuah organisasi maupun pribadi.

Keterbukaan adalah merupakan bagian dari fitrah manusia.

4. Fathonah (Kapabilitas, profesionalitas) artinya orang yang cerdas yaitu orang kapabel atau profesional dalam bidangnya.

Orang yang fatonah atau profesional adalah orang yang selalu meningkatkan kualitas dalam hidupnya dimanapun ia berada dan dalam posisi apapun.

Dengan demikian fathonah adalah kecerdasan yang menyeluruh (komprehensif) yang meliputi intelektual, emosional, spiritual dan kreatif.
***
Sebagaimana dilansir oleh Character cound! Coalition (a project of the Joseph Institude Of Etichs). Ada 6 pilar yang menjadi acuan (The six pillar of character) yaitu :

1. Trustworhinnes yaitu bentuk karakter yang membuat seseorang menjadi berintegritas, jujur dan loyal

2. Fairness yaitu bentuk karakter yang membuat seseorang memiliki pemikiran terbuka serta tidak suka memanfaatkan orang lain.

3. Caring yaitu bentuk karakter membuat seseorang memiliki sikap peduli dan perhatian terhadap orang lain maupun kondisi sosial lingkungan sekitar.

4. Respect adalah bentuk karakter yang membuat seseorang selalu menghargai dan menghormati orang lain.

5. Citizenship yaitu karakter yang membuat seseorang sadar hukum dan peraturan serta peduli terhadap lingkungan alam

6. Resposibility yaitu bentuk yang membuat seseorang bertanggung jawab, disiplin dan selalu melakukan sesuatu dengan sebaik mungkin

Wassalamualaikum

*Sumber : Buku Warta PAUDNI
Previous
Next Post »