Sedikitnya 7 Konsepsi Tujuan Hidup Manusia Pribadi Muslim

sedikitnya 7 konsepsi tujuan hidup manusia pribadi muslim
Assalamualaikum

Tiap pribadi muslim akan dapat mempertanggung jawabkan segala aktivitas hidupnya dengan baik dan benar dihadapan Allah swt.,

Kalau ia mempunyai dan tahu betul tentang tujuan hidup yang harus digapai didunia ini. Tujuan hidup bagi tiap pribadi muslim adalah berasal dari Allah swt.

Selaku Khalik Yang Maha Tahu untuk apa manusia diciptakan dan tujuan diciptakan manusia. Tujuan hidup pribadi muslim adalah mencari keridaan Allah SWT, sebagaimana firman-Nya, Klik (Q.S. al-Baqarah (2): 207)

Konsepsi tujuan mencari rida Allah kelihatannya abstrak, namun akan kongkret dan dapat direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari apabila tiap-tiap pribadi muslim telah menanamkan dalam jiwanya :

1. Sikap rida bahwa Allah adalah Tuhannya. Rida bahwa Allah sebagai Rabbnya dengan mau tunduk terhadap aturan-aturan yang telah ditentukan Allah untuk dilaksanakan.

Rida bawha Allah swt. sebagai Maliknya, maka ia mau menegakkan aturan-aturan Allah yang tertuang dalam Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-harinya melalui sistem khilafah islamiah.

Rida bahwa Allah sebagai Ilahnya, maka ia akan mencurahkan segala bentuk pengabdiannya hanya untuk Allah swt.

Tiap-tiap pribadi muslim yang rida bahwa Allah sebagai ilahnya, maka ia akan membuang jauh-jauh segala macam bentuk ilah kecuali hanya Allah swt. semata.

Sikap rida kepada Allah swt. sebagai Rabb, Malik, Ilah, merupakan kebulatan sikap yang terpadu dan seimbang, tidak boleh dipisah-pisahkan

2. Sikap rida bahwa Muhammad saw. adalah Rasulullah, utusan-Nya yang menjadi suri teladan hidup baginya dengan cara mendalami kajian Sunah-Sunah Rasulullah saw. untuk selanjutnya diamalkan dalam kehidupan sehari-hari

3. Sikap rida bahwa Islam adalah Dinnya dan konsekuen menjalankan syariat melalui sumber utamanya yang dijadikan pedoman hidup bagi tiap-tiap pribadi muslim, yakni Al-Qur'an dan As Sunah

4. Sikap ridaa bahwa Al-Qur'an dan Sunah Rasulullah saw. merupakan pedoman hidupnya, undang-undangnya, dan petunjuk pelaksanaannya dalam menjalani kehidupan sehari-hari

5. Sikap rida bahwa jihad fi sabilillah dan dakwah Islamiyah adalah pekerjaan dan aktifitas pokoknya dalam segala kondisi, situasi, dan dimana pun juga.

Sedangkan pekerjaan dan aktivitas lainnya sebagai penopang tegaknya tugas kerisalahan

6. Sikap rida bahwa orang-orang beriman dan beramal saleh adalah ikhwannya, dan rida bahwa setan dengan segala macam bentuk pengikutnya adalah lawan hidupnya
***
Sikap-sikap tersebut dapat direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari tiap-tiap pribadi muslim dengan cara merujuk pada pedoman hidupnya, yakni Al-Qur'an dan As Sunah.

Sikap hidup diibaratkan seperti pohon yang senantiasa berbuah lebat dengan akarnya yang kokoh menghujam ke dalam tanah.

Walaupun pohon itu disiram hujan lebat ataupun hanya gerimis saja ia akan senantiasa berbuah lebat. Sebagaimana firman Allah swt dalam (Q.S. al-Baqarah (2): 265)

Orang-orang yang tujuan hidupnya mencari keridaan Allah adalah orang-orang yang senantiasa mendirikan salat, menafkahkan rezekinya secara sembunyi-sembunyi maupun secara terang-terangan dijalan Allah.

Menolak untuk berbuat jahat dan segala macam perbuatan jahat serta menggantinya dengan kebaikan.

*Sumber : Buku Benarkah Saya Muslim ? "Percik-Percik Renungan Bagi Pribadi Muslim. Hal 91 - Drs. M. Saefuddin
Previous
Next Post »