Sabtu, 27 Mei 2017

Kiat dan Doa Menyambut Musim Ketaqwaan (Bulan Ramadhan)

Assalamualaikum Wr Wb
Kiat Menyambut Musim Ketaqwaan (Bulan Ramadhan)
Bertepatan dengan Masuknya Bulan Ramadhan Tahun 1438 Hijriah atau 2017 Masehi ini kami akan membagikan ilmu dan nasehat bermanfaat seperti dibawah ini.

Syaikh Asy Syingqity ditanya :
Apa nasehat anda untukku dalam menambut musim ketaatan (Bulan Ramadhan) ?

Beliau menjawab :

1. "Sebaik-baik penyambutan musim-musim ketaatan adalah dengan banyak istighfar (mohon ampunan kepada Allah), karena dosa-dosa itu menghalangi hamba dari mendapat taufiq (pertolongan untuk melaksanakan ketaatan)."

2. "Tidaklah seorang hamba menambatkan hatinya untuk senantiasa beristighfar kecuali hatinya menjadi bersih, kalau lemah jadi kuat, kalau sakit jadi sembuh, kalau sedang tertimpa bala maka dia akan segera diselamatkan, jika sedang bingung maka akan mendapat petunjuk dan jika dia sedang goyah tidak stabil maka dia akan segera mendapat ketenangan."

3. Lihat terjemahan surat Al-Anfal ayat 33 : "Dan sungguh istighfar itu adalah (kunci) keamanan yang kekal setelah wafatnya Rasulullah shallallahu'alaihiwa sallam..."

4. Al Iman Ibnu Katsir berkata : "Barang bersifat dengan sifat ini, senantiasa beristighfar, Allah akan memudahkan rizkinya, Allah akan mudahkan urusannya dan Allah akan memelihara keadaannya dan kekuatannya"

5. "Perhatikanlah perkataan Umar bin Al Khattab Radhiallahu Anhu ketika ia berkata kalau seadanya petir yang dahsyat turun dari langit, niscaya ia tidak akan menimpa mustaghfir (orang yang beristighfar)"

Jadi, pesan yang dapat diambil adalah perbanyaklah beristighfar untuk menyambut bulan ketaqwaan ini.

Doa Menyambut Ramadhan

Ustadz Najmi Umar Bakkar

Pembesar tabi'ut tabi'in, Abdul Aziz bin Abir Rowwad Al-Azdi Al-Makki (Wafat 159) berkata :

"Dahulu kaum muslimin berdoa di saat bulan Romadhon tiba : Ya Allah, Romadhon telah menghadap dan hadir. Karenanya, cerahkanlah Romadhon untukku dan sampaikanlah aku kepadanya, dan selamatkanlah aku (dari segala penghalang darinya) di bulan Romadhon, serta terimalah amal-amal Romadhon dariku."

"Ya Allah, anugerahilah aku berpuasa padanya dan sholat malam padanya, karena sabar dan mencari pahala. Anugerahilah aku padanya kegigihan, kesungguhan, kekuatan, dan semangat. Lindungilah aku padanya dari rasa bosan, lemah semangat, malas dan mengantuk."

Berilah aku taufik pada bulan itu untuk mendapat Lailatul Qodar dan jadikanlah malam itu lebih baik bagiku dibandingkan 1000 bulan...amin

(Ath-Thobroni dalam Ad-Du'aa No. 914, Abdul Qosim Al-Ashbahani dalam At-Targhib wat Tarhib No. 1784)

Wassalamualaikum Wr Wb

*Sumber : Grup Chat WA FOSMA 165 Riau
Baca Juga
Previous Post
Next Post