Pengembangan bahasa adalah upaya meningkatkan mutu bahasa agar dapat dipakai untuk berbagai keperluan di dalam kehidupan masyarakat modern. (Ref : Kamus BI)
Pengajaran:
Sebutkan contoh-contoh dari:
Jenis Tujuan:
Perubahan dari pembelajaran tradisional:
Refleksi (1):
*Sumber kedua: Isma Adini Putri

- Menurut Purwadinata (1967), adalah cara mengajar atau mengajarkan (transfer ilmu).
- Menurut Tardif (1987), a preplanned, goal directed educational process designed to facilitate learning.
Pembelajaran:
- Menurut Joyce & Weil (1980), pembelajaran merupakan proses yang di dalamnya guru dan siswa secara bersama-sama menciptakan lingkungan yang mencakup seperangkat nilai-nilai dan kesempatan bersama tentang apa yang penting, yang dapat mengubah sikap mereka tentang realita yang ada.
Apa yang dimaksud dengan pemilihan materi & penyusunan materi ?
Bagaimana pelaksanaannya ?
- Menentukan Metode yang sesuai.
- Menentukan Media yang sesuai.
- Metode Pengajaran
- Media Pengajaran

Lima Keluaran Pembelajaran (R.M. Gagnê, 1977):
- Keterampilan intelektual
- Strategi kognitif
- Informasi verbal
- Keterampilan motorik
- Sikap
- Pengetahuan - Kognitif
- Kemampuan - Psikomotoris
- Keyakinan - Afektif
![]() |
Fred Percival, David Craij, dan Dorothy Buglass, 1987:426) |
Urutan Proses Pembelajaran Bahasa Asing (Valette, 1977):
- Keterampilan mekanik: Yaitu siswa berunjuk laku berdasarkan ingatan dan bukan karena pemahaman
- Pengetahuan: Yaitu siswa mendemonstrasikan pengetahuan tentang fakta, kaidah, dan data bahasa asing tersebut.
- Transfer: Yaitu siswa menggunakan pengetahuan dalam situasi baru.
- Komunikasi: Yaitu siswa menggunakan bahasa asing sebagai alat berkomunikasi dengan wajar.
- Kritik: Yaitu siswa dapat menganalisis atau mengevaluasi bahasa asing atau karya dalam bahasa tersebut.
- Penentuan tujuan sesuai observasi.
- Penentuan alat untuk memperoleh tujuan tersebut.
- Evaluasi dari hasil alat yang telah dipilih.
- Penunjukan ada tidaknya sebab dan efek hubungan antara perantara dan perolehan tujuan.
Refleksi (1):
- Apakah komitmen Anda sebagai pembelajar bahasa Jepang ?
- Seberapa jauh target yang ingin Anda capai ?
- Apakah strategi Anda dalam belajar ?
- Apakah komitmen Anda kelak sebagai pengajar bahasa Jepang ?
- Pembelajaran seperti apa yang ideal menurut Anda ?
- Hal apakah yang penting untuk dikembangkan di dalam pengajaran/pembelajaran bahasa Jepang ?
- Bagaimanakah solusinya menurut Anda ?
*Sumber kedua: Isma Adini Putri