Selasa, 06 Maret 2018

Pengertian, Fasilitas, Kegunaan, Perbedaan Internet, Intranet dan Extranet

Photo by Thomas Jensen on Unsplash - 

Pengertian Internet

Internet yang berasal dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit.

Fasilitas-fasilitas yang dapat dimanfaatkan dengan menggunakan internet :
  • Web, adalah fasilitas hypertext untuk menampilkan data berupa teks, gambar, bunyi, animasi dan data multimedia lainnya, yang diantara data tersebut saling berhubungan satu sama lain.
  • E-Mail (Electronic Mail), dengan fasilitas ini Anda dapat mengirim dan menerima surat elektronik (e-mail) pada/dari pemakai komputer lain yang terhubung di internet, dan dapat menyertakan file sebagai lampiran (attachment).
  • Newsgroup, fasilitas ini digunakan untuk mendistribusikan artikel, berita, tanggapan, surat, penawaran ataupun file ke pemakai internet lain yang tergabung dengan kelompok diskusi untuk topik tertentu.
  • FTP (File Transfer Protocol), fasilitas ini digunakan untuk menghubungkan ke server computer tertentu dan bila perlu menyalin (download) file yang Anda butuhkan dari server tersebut dan menyimpannya di komputer Anda.
Manfaat Internet:
  • Informasi untuk kehidupan pribadi: Kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial.
  • Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja: Sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.
Pengertian Intranet

Intranet adalah sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet hanya saja digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan warung internet (WARNET) pun dapat di kategorikan Intranet.

Kegunaan Intranet

Dasarnya perangkat lunak aplikasi yang digunakan di Intranet tidak berbeda jauh dengan yang digunakan di Internet. Di Intranet digunakan Web, e-mail dll.

Pengertian Extranet

Extranet atau Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.

Manfaat Extranet

Manfaat extranet meliputi:
  • Pemrosesan dan arus informasi yang lebih cepat
  • Biaya komunikasi, travel, administrative dan overhead lainnya yang lebih rendah
  • Peningkatan kualitas, peningkatan order entry dan customer service, peningkatan umum dalam efektivitas bisnis.
  • Disamping itu, extranet berbasis internet jauh lebih murah dari pada jaringan khusus (proprietary network).
Perbedaan Internet, Intranet, dan Extranet

Internet merupakan komunikasi jaringan komunikasi global yang menghubungkan seluruh komputer di dunia meskipun beda sistem operasi dan mesin.

Intranet adalah sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet, hanya saja digunakan dalam internal perusahaan atau kantor dengan aplikasi berbasis web dan teknologi komunikasi data seperti internet (bahkan Warung Internet (Warnet) dapat dikategorikan sebagai intranet)

Ekstranet dipakai jika sebuah badan usaha atau bisnis mengekspose sebagian dari internal jaringan ke komunitas di luar.

Baca Juga
Previous Post
Next Post